29 March 2013

Hasil Analisis Survey


ANALISIS SURVEY
Pengaruh Gadget Bagi Kehidupan Mahasiswa TI


Gadget (perangkat elektronik) saat ini sudah semakin pesat perkembangannya mulai dari smartphone, laptop, netbook dan tablet yang sudah banyak beredar di pasaran. Mulai dari harga gadget dari yang termurah sampai yang termahal juga teknologi yang diusungnya dengan berbagai kecanggihan yang sangat luar biasa. Katakan saja saat ini sedang tren smartphone dan tablet yang berbasis android, iOS, dan Blasckbeerry OS, laptop yang berbasis windows dan MacOS serta teknologi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Survey saya ini membahas tentang pengaruh teknologi gadget tersebut bagi mahasiswa Teknologi Informasi USU. Termasuk bagaimana mahasiswa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat dan apakah tanggapan mereka tentang teknologi gadget tersebut. Survey saya juga akan membahas tentang pengaruh gadget tersebut dengan psikologi masing-masing mahasiswa TI. Dibawah ini adalah 4 pertanyaan yang berkaitan dengan topic survey saya dan 2 pertanyaan yang saya buat untuk meminta feedback dari para responden tentang isi survey saya. 

1. Apakah Anda seorang penggemar / selalu mengikuti perkembangan gadget-gadget canggih masa  kini?
2. Gadget apa yang sudah Anda miliki saat ini?
3.    Perkembangan teknologi yang sangat cepat khususnya dalam teknologi gadget secara tidak langsung        memberikan dampak bagi Anda seorang mahasiswa TI. Bagaimana cara Anda menanggapi dampak tersebut?
4. Apakah pengaruh kecanggihan teknologi dengan dampak psikologi yang Anda rasakan?
5. Bagaimana menurut Anda survey ini?
6. Apakah saran Anda untuk survey ini supaya lebih baik lagi?



HASIL  ANALISIS

Saya menemukan ada 42 responden yang mengisi survey saya, berdasarkan hasil responsi tersebut inilah hasil dari analisis saya.

Pada pertanyaan pertama sebanyak 90% responden menjawab tidak terlalu mengikuti perkembangan gadget-gadget canggih tersebut. Mereka mengungkapkan berbagai alasan yaitu salah satunya mereka lebih kepada mengikuti perkembangan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada gadget tersebut, alasan lain adalah hanya untuk menambah pengatahuan dan referensi mengenai teknologi terkini dan tidak sampai dalam tahap ingin membeli gadget tersebut. Sedangkan 10% sisanya memilih untuk selalu mengikuti perkembangan gadget dengan alasan teknologi merupakan suatu hal yang menarik untuk diikuti perkembangannya. Alasan lain adalah supaya tidak ketinggalan dan terbelakang.

Inilah hasil responsi pada pertanyaan kedua, sebanyak 50% responden memiliki laptop, 36% memiliki smartphone, 11% memiliki tablet dan 4% memiliki gadget lainnya.




Hampir semua responden menanggapi dampak perkembangan teknologi gadget yang sangat cepat dengan mengambil manfaat yang positif dari sebuah gadget dan mengesampingkan manfaat negatifnya. Dengan cara menggunakan gadget yang sesuai kebutuhan masing-masing dan membatasi diri dalam penggunaannya karena dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan yang berlebihan terhadap gadget tersebut. Contoh ketergantungan tersebut misalnya jika ada gadget keluaran terbaru kita langsung berhasrat untuk memilikinya namun dana kita tidak mencukupi. Sebaliknya meskipun kita harus membatasi diri dalam membeli gadget keluaran terbaru kita harus selalu mengikuti perkembangan teknologinya agar dapat menambah wawasan kita. 

Pengaruh kecanggihan teknologi dengan dampak psikologi yang dirasakan para responden sangat beragam. Beberapa diantaranya adalah kurangnya waktu bersosialisasi secara langsung, kurangnya kepedulian kita terhadap sekitar karena kita lebih focus ke gadget, manusia akan menjadi semakin malas dengan adanya teknologi yang semakin canggih, karena manusia tidak perlu lagi mengeluarkan usaha ekstra untuk mendapatkan apa yang sebelumnya tidak bisa didapatkan langsung dari teknologi itu sendiri,  berinteraksi dengan orang lain walaupun tidak saling mengenal dan berada di tempat yang jauh, menjadi semakin ingin tahu dan terdorong untuk mempelajari kecanggihan teknologi tersebut, menjadi semakin lupa waktu, dll.  Beberapa responden lain menanggapi dampak psikologi ini biasa-biasa saja. 

Berdasarkan hasil response yang para responden berikan pada 2 pertanyaan terakhir, saya mendapatkan banyak sekali masukan dan saran. Sebanyak 83% survey saya sudah cukup baik, 5% kurang baik, dan 2% sangat baik. Saran dari para responden untuk isi dari survey ini adalah membuat jawaban pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda karena jarang ada responden yang mau menulis. Saran yang lain adalah supaya saya lebih meningkatkan kreativitas dalam membuat survey.


KESIMPULAN HASIL  ANALISIS

Perkembangan dan kecanggihan teknologi gadget sangat mempengaruhi psikologi mahasiswa TI. Dampak dari psikologi tersebut adalah perubahan perilaku para mahasiswa TI yang dapat langsung kita lihat seperti munculnya rasa malas belajar karena lebih mementingkan browsing, chatting, dan bermain game, kurangnya interaksi dengan dunia nyata, termotivasi untuk terus mendapatkan gadget-gadget keluaran terbaru, menjadi penyendiri, dll. Dampak psikologi tersebut tidak hanya dapat mempengaruhi mahasiswa itu sendiri tetapi juga dapat mempengaruhi lingkungan disekitarnya.

Tetapi meskipun begitu para mahasiswa tetap harus membatasi diri dari kehausan akan gadget tersebut karena nantinya akan menjadi sangat ketergantungan terhadap gadget dan mengakibatkan ketidakseimbangan antara mahasiswa dan lingkungannya. Sebaliknya, perkembangan teknologi gadget bukanlah hal yang harus dihindari melainkan ditanggapi dengan positif dengan cara memotivasi diri untuk mempelajari teknologi-teknologi terbaru yang ada dan mengikuti perkembangan aplikasi-aplikasinya. Mahasiswa juga harus meminimalkan dampak-dampak negative gadget dan memaksimalkan dampak positifnya.


TESTIMONI

Ini adalah pertama kalinya saya membuat survey melalui internet dan menganalisisnya. Awalnya saya sempat kesulitan dalam membuat survey ini karena saya belum tau apa isi survey yang akan saya buat, namun akhirnya saya dapat menemukan satu topik yang rasa cocok untuk dibuat sebuah survey. Akhirnya saya memposting link survey saya di grup Facebook dan meminta teman-teman TI untuk membantu mengisi survey saya dan saya pun mengisi survey mereka juga. Isi survey teman-teman saya sangat unik dan beragam, saya tidak menyangka kalau mereka sangat kreatif dalam membuat topik survey. Semua teman-teman saya juga memposting link survey mereka di grup Facebook supaya dapat diisi oleh anak-anak TI.

Pada saat mau membuat analisis survey saya kembali mengalami kesulitan karena ini juga pertama kalinya saya menganalisis survey yang saya buat. Saya pun meminta bantuan teman-teman saya dalam hal ini. Overall, tugas untuk membuat survey ini sangat menyenangkan meskipun awalnya sedikit menyulitkan. Saya jadi mengerti bagaimana caranya membuat survey sendiri dan kemudian menganalisisnya. Saya juga dapat memberikan pendpat saya ketika saya mengisi survey teman-teman saya yang lain. Proses belajar membuat survey ini juga melatih saya untuk lebih meningkatkan kreativitas saya. 





No comments:

Post a Comment